Skip to main content

Pengertian mesin

MESIN

Hay guys,
       Jumpa lagi bersama kami di Automotif Smart. Terima kasih sudah membaca artikel-artikel kami sebelumnya. Dan jangan sampai bosan membaca terus artikel-artikel kami tentang otomotif lainnya, karena dengan membaca akan menambah wawasan pengetahuan kita.
      Pada kali ini, kita akan membahas tentang mesin kendaraan roda empat. Untuk materi lainnya tentang otomotif juga bisa kalian cari dengan menelusurinya di bagian atas seperti gambar dibawah ini.

      Mesin atau engine sangat diperlukan pada semua kendaraan agar kendaraan tersebut dapat berjalan. Apa itu mesin? Apa fungsi mesin? Apa saja jenis-jenis mesin? Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita baca artikel dibawah ini.

A.) Pengertian Dan Fungsi Engine
       Engine (mesin) adalah salah satu bagian penting dari kendaraan yang berfungsi untuk mengubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Terjadinya energi panas karena adanya proses pembakaran, bahan bakar, udara, dan sistem pengapian. 

B.) Jenis-jenis Engine
      Mesin atau engine memiliki beberapa jenis berdasarkan susunan silindernya. Berikut merupakan jenis jenis mesin berdasarkan susunan silindernya.

1.) Mesin segaris (Inline Cylinder Type)

  •         Yaitu mesin bersilinder banyak dengan susunan silinder sejajar. Dengan konstruksi seperti ini, mesin cukup menggunakan satu poros engkol dan satu kepala silinder untuk semua-semua silinder. Blok silinder menyatukan semua silinder dan menghadap ke atas.
  • Kelebihan dari konfigurasi mesin ini yaitu mudah dipasang dan mudah di servis.
  • Kelemahannya adalah mesin jenis ini merupakan tipe mesin yang panjang, hal ini berpengaruh pada aerodinamika dan tenaga yang dihasilkan tidak sebesar mesin berkonfigurasi V.
2.) Mesin V ( V Cylinder Type)

  •           Mesin V adalah konfigurasi umum untuk sebuah mesin pembakaran internal. Piston yang diatur sedemikian rupa hingga membentuk huruf V membuat mesin ini disebut mesin V.
  • Keuntungan mesin ini yaitu memiliki tenaga yang lebih berlimpah dibanding inline silinder.
  • Kerugiannya adalah boros BBM dan bila rusak lebih sulit diperbaiki dibanding inline.
3.) Mesin Boxer

  •          Merupakan konfigurasi silinder dimana dua baris silindernya dipasang saling berlawanan pada poros engkolnya. Silinder dipasang berlawanan karena ketinggian ruang mesin yang terbatas.
4.) Mesin Radial (Radial Cylinder Type)

  •        Mesin Radial adalah konfigurasi mesin pembakaran dalam dimana silinder mengarah keluar dari titik pusat poros engkol. Konfigurasi silinder tipe ini terdiri dari dua silinder mengelilingi poros engkol ditengah. Biasanya konfigurasi silinder ini digunakan pada pesawat terbang dengan pendingin udara.

C.) Komponen Engine
          Komponen-komponen mesin meliputi: blok silinder, kepala silinder, mekanik katup, kelengkapan piston, poros engkol, poros nok, dan roda penerus. Berikut merupakan penjelasan dari komponen utama pada mesin.

  1.  Blok silinder , merupakan inti daripada mesin yang berfungsi sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakaran.
  2. Kepala silinder , adalah bagian dari mesin yang ditempatkan diatas blok silinder dan berfungsi untuk menempatkan mekanisme katup, ruang bakar, dan juga sebagai tutup silinder.
  3. Gasket kepala silinder , adalah komponen yang berfungsi sebagai perapat antara kepala silinder dengan blok silinder. Digunakan untuk mencegah terjadinya kebocoran gas pembakaran, air pendingin, dan oli.
  4. Bak oli (oil pan) , adalah bagian dari mesin yang berfungsi menampung oli untuk pelumasan.
  5. Piston , adalah bagian mesin yang berfungsi untuk menerima tekanan hasil pembakaran campuran gas dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol melalui batang piston.


Itulah sekilas artikel mengenai mesin. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Dan jangan lupa ikuti kami untuk membaca artikel-artikel lainnya tentang otomotif di Automotif Smart. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Differential

script data-ad-client="ca-pub-7243637148376587" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> DIFFERENTIAL Hay guys, Kembali lagi bersama kami di Automotif Smart. Terima kasih sudah membaca artikel-artikel kami sebelumnya. Dan pada kali ini, kita akan membahas materi otomotif tentang differential atau dengan nama lain final drive yang biasa kita sebut dengan gardan. Apa itu gardan? Apa fungsi gardan pada kendaraan beroda empat? Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita baca saja artikelnya langsung tentang gardan dibawah ini. A.) Pengertian Differential           Differential (final Drive) atau yang biasa kita sebut dengan gardan adalah komponen pada kendaraan roda empat atau lebih yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Dengan kata lain, gardan merupakan penerus tenaga akhir dari mesin kendaraan. B.) Fungsi Differential           Gardan juga memiliki 3 fungsi khusus. Fungs...

Pengertian kopling

KOPLING A.) Pengertian Kopling             Kopling adalah bagian dari sistem pemindah daya (power train) yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran dari transmisi ke unit transmisi. Kopling terletak diantara roda gila dan transmisi. Tugas utamanya adalah memutus dan menghubungkan putaran putaran dari poros engkol ke transmisi dengan halus. B.) Jenis-jenis Kopling             Kopling ada bermacam-macam jenis, yaitu kopling gesek, kopling fluida/hidrolis,  dan kopling magnet. Yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah kopling gesek dan kopling fluida/hidrolis. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis kopling : 1.) Kopling gesek ,adalah proses pemindahan tenaga melalui gesekan antara bagian penggerak dengan yang akan digerakkan.  2.) Kopling fluida/hidrolis, dinamakan kopling hidrolis karena untuk melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan tenaga hidrolis. 3.) Kopling...