Skip to main content

Pengertian Differential

script data-ad-client="ca-pub-7243637148376587" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> DIFFERENTIAL

Hay guys,
Kembali lagi bersama kami di Automotif Smart. Terima kasih sudah membaca artikel-artikel kami sebelumnya. Dan pada kali ini, kita akan membahas materi otomotif tentang differential atau dengan nama lain final drive yang biasa kita sebut dengan gardan. Apa itu gardan? Apa fungsi gardan pada kendaraan beroda empat? Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita baca saja artikelnya langsung tentang gardan dibawah ini.

A.) Pengertian Differential
          Differential (final Drive) atau yang biasa kita sebut dengan gardan adalah komponen pada kendaraan roda empat atau lebih yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Dengan kata lain, gardan merupakan penerus tenaga akhir dari mesin kendaraan.

B.) Fungsi Differential
          Gardan juga memiliki 3 fungsi khusus. Fungsi gardan secara khusus adalah sebagai berikut.

  • Membedakan putaran roda kiri dengan roda kanan terutama saat berbelok.
  • Mengurangi putaran poros propeller sebanyak yang diperlukan oleh poros roda.
  • Mengubah arah tenaga putar poros propeller ke poros roda menjadi 90°.


C.) Tipe-Tipe Differential
  • Tipe FR (Front Engine Rear Drive)
     Pemindah daya tipe ini mentransfer tenaga mesin ke roda belakang mobil, sementara mesin dipasang dibagian depan dari mobil.
  • Tipe FF (Front Engine Front Drive)
     Pemindah daya tipe ini mentransfer tenaga dan putaran mesin ke roda depan, sementara roda belakang tidak digerakkan oleh mesin.
  • Tipe RR (Rear Engine Rear Drive)
     Pemindah daya ini, mesin dipasangkan pada bagian belakang dari mobil dan roda yang digerakkan oleh mesin adalah roda belakang, sedangkan roda depan tidak digerakkan oleh mesin.
  • Tipe 4 FWD
     Pada tipe ini, ke-empat roda mobil digerakkan oleh mesin, sementara mesin diletakkan pada bagian depan dari mobil.

D.) Konstruksi Differential
           Secara umum, differential/final drive/gardan terdiri dari 2 (dua) bagian besar, yaitu final gear dan differential gear.
  1. Final gear, terdiri dari perkaitan antara drive pinion gear dengan ring gear, yang fungsinya untuk memperbesar momen putar dan merubah arah putaran sebesar 90°.
  2. Differential gear, terdiri dari perkaitan antara roda gigi - roda gigi pinion gear dengan side gear, yang berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan roda kanan saat kendaraan membelok.

Itulah sedikit penjelasan mengenai differential/gardan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya. Dan jangan lupa baca artikel-artikel lain tentang otomotif di Automotif Smart. Terima kasih.

Comments

  1. Mantab gan. Jangan lupa kunjungi juga blog ku di https://fajardwi26.blogspot.com/2020/09/pengertian-differential-komponen-dan.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengertian mesin

MESIN Hay guys,        Jumpa lagi bersama kami di Automotif Smart. Terima kasih sudah membaca artikel-artikel kami sebelumnya. Dan jangan sampai bosan membaca terus artikel-artikel kami tentang otomotif lainnya, karena dengan membaca akan menambah wawasan pengetahuan kita.       Pada kali ini, kita akan membahas tentang mesin kendaraan roda empat. Untuk materi lainnya tentang otomotif juga bisa kalian cari dengan menelusurinya di bagian atas seperti gambar dibawah ini.       Mesin atau engine sangat diperlukan pada semua kendaraan agar kendaraan tersebut dapat berjalan. Apa itu mesin? Apa fungsi mesin? Apa saja jenis-jenis mesin? Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita baca artikel dibawah ini. A.) Pengertian Dan Fungsi Engine         Engine (mesin) adalah salah satu bagian penting dari kendaraan yang berfungsi untuk mengubah energi panas dari ruang pembakaran ke energi mekanis dalam bentuk tenaga putar....

Pengertian kopling

KOPLING A.) Pengertian Kopling             Kopling adalah bagian dari sistem pemindah daya (power train) yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran dari transmisi ke unit transmisi. Kopling terletak diantara roda gila dan transmisi. Tugas utamanya adalah memutus dan menghubungkan putaran putaran dari poros engkol ke transmisi dengan halus. B.) Jenis-jenis Kopling             Kopling ada bermacam-macam jenis, yaitu kopling gesek, kopling fluida/hidrolis,  dan kopling magnet. Yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah kopling gesek dan kopling fluida/hidrolis. Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis kopling : 1.) Kopling gesek ,adalah proses pemindahan tenaga melalui gesekan antara bagian penggerak dengan yang akan digerakkan.  2.) Kopling fluida/hidrolis, dinamakan kopling hidrolis karena untuk melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan tenaga hidrolis. 3.) Kopling...